Senin, 17 Desember 2012

Sayuran Kanreapia


Desa Kanreapia adalah salah satu Desa yang mempunyai Sumber Daya Alam yang begitu melimpah dari segi Sayur - sayuran, sepeti Foto disamping adalah salah satu contoh akan suburnya sayuran di Desa Kanreapia, 

Sawi - sawi dan Bawang Perei salah satu jenis sayuran yang ada di Desa Kanreapia. Sejauh ini sayuran - sayuran tersebut di jual ke para pedagang yang menjualnya ke Pasar Sungguminasa Kab. Gowa, pasar Terung dan Pannampu, sebagian lagi dikirim ke Pare - pare bahkan ke Kalimantan. 

Antara Bawang Perei dan Sawi berbeda cara pengelolaanya. Bawang atau biasanya di sebut Perei hanya di tanam sekali, seterusnya dipaneng. pengelolaan bawang sangatlah sederhana tetapi merupakan sumber penghasilan dan paling banyak di tanam di Desa Kanreapia. Hampir keseluruhan masyarakat Kanreapia menanam jenis ini, karena terbilang sederhana penanaman dan perawatannya, di samping itu modalnya juga terbilang sedikit, bermodalkan bibit satu kali dan pupuknya pupuk kandang yang di muat dari kab. Maros dan di tambah pupuk Organik ( pupuk Urea ) . Sedangkan Sawi - sawi satu kali tanam dan satu kali paneng. Lama panengnya lebih 2 bulan atau hampir 3 bulan. 
Di samping perbedaan yang lain adalah harganya, harga bawang cenderung lebih mahal dan bertahan lama sedangkan sawi tidak menentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''