Selasa, 08 Oktober 2013

Perjalanan Melahirkan Inspirasi dan Pengalaman


Perjalanan melahirkan inspirasi dan pengalaman
Perjalanan melewati beberapa kabupaten yang ada di sulawesi selatan, melahirkan banyak pengalaman, beberapa kabupaten itu mempunyai ciri khas tersentu, lima kabupaten dan satu kota yang ada di sulawesi selatan itu menjadi bahan pembahasan kali ini.

Melalui kisah perjalanan yang melahirkan banyak pengalaman dan inspirasi maka akan menjadi bekal di hari – hari esok, sebab perjalanan dari beberapa kabupaten melahirkan inspirasi bahwa jangan hanya melihat satu sisi kebiasaan dan adat yang ada di satu daerah saja, karena setiap daerah mempunyai ciri khas dan adat yang berbeda.
Kota Makassar, adalah kota metropolitan sekaligus sebagai ibu kota provinsi sulawesi selatan, dan mempunyai motto ; sekali layar terkembang pantang biduk surut kepantai, makna yang penulis pahami adalah sekali melangkah jangan pernah mundur sebelum berhasil, motto ini adalah inspirasi yang menjadi semangat buat penulis untuk dijadikan kepribadian yang pantang menyerah dan selalu semangat mengejar cita – cita.
Kabupaten Gowa adalah batas kota makassar disebelah selatan, dan slogannya adalah Rewako Gowa, slogan ini penulis maknai sebagai orang yang jantang, tangguh dan pantang menyerah, dan penulis jadikan inspirasi sebagai semangat perjuangan menuju cita – cita yang mulia.
Kabupaten Takalar.
Kab. Takalar menjadi batas kab. Gowa dan kab. Jeneponto, hal yang dapat dilihat di kab. Takalar adalah Tebu dan pabrik gulanya, karena kbupaten ini merupakan penghasil gula pasir.
                                                     Kabupaten Jeneponto,
adalah kabupaten yang membuat badan pegal karena kabupaten ini sangatlah panjang ujung batas Kab. Takalar dan jeneponto menuju ujung batas kab. Jeneponto dan kab. Bantaeng terasa sangatlah lama untuk sampai di setiap ujungnya. Adapun ciri khas yang terlihat adalah banyak garam yang dijual dipinggir jalan karena kab. Ini menjadi penghasil garam, selain garam Konro Kuda menjadi makanan khasnya.
Kabupaten Bantaeng,
Kab. Bantaeng adalah kotanya adipura, karena menjadi kabupaten terbersih, dan kabupaten ini di pimpin oleh bupati yang bergelar Prof. Selain itu kab. Ini mempunyai banyak infestor karena banyak infestor mau menanamkan sahamnya di kabupaten ini.
Kab. Bulukumba menjadi kab. Tempat tujuan penulis, yakni Kec. Gantarang desa benteng malewang. Bulukumba mempunyi profil yang berbeda dari kab. Lain, yakni adanya AMMATOA, merupakan daerah estrim karena masyarakatnya mempunyai kepercayaan yang sangat kuat.
Itulah sedikit inspirasi dan ciri khas setiap daerah yang penulis dapat tulis, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan karena penulis hanyalah berbagi akan pengalaman. Wassalam

1 komentar:

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''