Sabtu, 22 Desember 2012

JAMALUDDIN DG. ABU: Sejarah

JAMALUDDIN DG. ABU: Sejarah: Sejarah adalah kisah atau kejadian masa lampau yang di anggap penting sehingga di kategorikan sebagai sejarah. Buku - buku sejarah pada p...

Sejarah

Sejarah adalah kisah atau kejadian masa lampau yang di anggap penting sehingga di kategorikan sebagai sejarah. Buku - buku sejarah pada pelajaran terdahulu masa - masa SD dan SMP pengertian sejarah di pahami sebagai kejadian - kejadian masa lampau saja, tidak garis bawahi bahwa sejarah adalah kejadian masa lampau yang kemudian di anggap penting dan bisa jadi bahan ajaran dan sebagai penghargaan bagi pelaku sejarah dan peninggalannya di anggap sebagai Taman sejarah. Sejarah penting sebagai bukti kehidupan - kehidupan terdahulu. 

Taman Prasejaran yang berada di Leang - Leang Maros adalah bukti akan proses atau kehidupan orang - orang yang menjadi nenek moyang kita. Taman Prasejarah ini selalu ramai di kunjungi oleh Para Peneliti maupun Mahasiswa yang mengadakan kegiatan di tempat tersebut. 

Arsip-ku





Jumat, 21 Desember 2012

Langkah Kaki_Ku

Perjalanana kaki hari ini, membawa saya melihat banyak hal, ada banyak cerita ada banyak perumpamaan dan pelajaran yang ada di dalamya. Melihat berbagai eknis dan banyak keluarga yang berbeda, mulai dari kebiasaan yang berbeda dan bahasa yang berbeda pula. Inilah kisah hidup dan langkah kaki harus mampu meninggalkan jejak yang baik dan harum jika meninggalkan tempat tersebut.

Indah terasa indah jika kita mampu memaknai apa yang telah kita lakukan pada hari ini, apapun yang telah kita kerjakan pada hari ini, yakin bahwa semuanya punya makna dan banyak pelajaran yang terkandung didalamnya. 

Apa yang menjadi agenda ( planning ) dalam keseharian kita itu adalah sebagian dari aktifitas dan pekerjaan yang akan kita kerjakan dalam kehidupan kita sehari - hari. Apa yang menjadi agenda kadang ada tambahan agenda lain yang menjadi hal yang harus di kerjakan dan di jalani. 

Hidup ini Pilihan dan justru keadaan yang membuat kita untuk menjalani pilihan, seperti halnya ketika saya dihadapkan pada satu posisi bahwa saya menjalani sesuatu yang membuat diri ini begadang. Mungkin sebagian orang sudah terlelap tidur ketika bisikan hati ini di tuangkan dalam bentuk

JAMALUDDIN DG. ABU: BALLA LOMPOA GOWA

JAMALUDDIN DG. ABU: BALLA LOMPOA GOWA: Museum Balla Lompoa berada di Sungguminasa Gowa, Jln. KH. Wahid Hasyim Jl Andi Mallombasang Sulawesi Selatan Balla Lompoa ini adalah Bu...

BALLA LOMPOA GOWA

Museum Balla Lompoa berada di Sungguminasa Gowa,
Jln. KH. Wahid Hasyim Jl Andi Mallombasang Sulawesi Selatan


Balla Lompoa ini adalah Bukti Sejarah Kerajaan Gowa, di dirikan pada tahun 1936 oleh raja Gowa ke - 35.
Setiap harinya Museum Balla Lompoa ini selalu rame di kunjungi, baik dari masyarakat setempat Sendiri maupun para pecinta sejarah.


Kamis, 20 Desember 2012

SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB

Dengan gencarnya Pemberitahuan akhir - akhir ini, mengenai Kiamat maupun Gerhana mengakibatkan masyarakat was - was. Sms kesana kemari dikirim sebagai pemberitahuan namun pemberitahuan itu di anggap sebagai informasi yang justru membuat masyarakat jadi tidak tenang. Isi sms itu adalah bahwa di beritakan pukul 7 kemarin terdegar di Radio pada tanggal 21 hari ini dan 23 Desember akan terjadi Gerhana Total. Entah dari mana sumber informasi itu sehingga di beritakan, hingga hari ini menghadirkan tanda tanya bahwa siapakah yang bertanggung jawab jika ada informasi seperti itu.

Adakah pihak yang kemudian dengan segera melihat dan mencari tahu akan sumber informasi seperti itu, karena infirmasi tersebut membuat rasa kwatir dalam beraktifitas yang ada di masyarakat. Antara kebenaran yang ada dan tidak benarnya suatu informasi menjadi Bumerang untuk masyarakat.

Ramalan atau hasil penelitian yang melihat sisi - sisi akan terjadinya sesuatu dihari - hari tertentu, mengisahkan banyak tanda tanya...???
-  Apakah memang pantas untuk di publikasikan hal seperti itu ???...
-  Siapakah sebenarnya yang pantas membublikasikannya ???...
-  Dan apakah ada Sansi hukum bagi orang - orang yang kemudian mencoba meramal dan dengan segera   mempublikasikannya, sehingga masyarakat takut akan informasinya...???

ItuLah salah satu Fonomena yang ada sekarang di Masyarakat, katanya tidak usah  saya hari ini ,pergi kerja karena akan kiamat katanya...  ini adalah salah satu bahan renungan dan mari kita mencermati bersama akan info dan kebenaran itu....???

Wassalam...

JAMALUDDIN DG. ABU: Penarikan PPL

JAMALUDDIN DG. ABU: Penarikan PPL: Mengikuti Penarikan PPL Fakultas Agama Islam jurusan PAI di SMP Muhammadiyah Limbung mengajarkan banyak hal, melalui sambutan dari kepsek ...

Penarikan PPL

Mengikuti Penarikan PPL Fakultas Agama Islam jurusan PAI di SMP Muhammadiyah Limbung mengajarkan banyak hal, melalui sambutan dari kepsek Smp Muh. Limbung, Dosen Pembimbing, dan para guru Pamong.
Sambutan pertama dari Kepala Sekolah SMP Muh. Limbung, menyampaikan apresiasi positif kepada Mahasiswa PPL karena tanpa mereka Lapangan Bola Volly SMP Muh. Limbung mungkin belum selesai dan ada. Dilanjutkan dengan sambutan Dosen Pembimbing dari Univ. Muh. Makassar menyampaikan akan hasil dan berfokus kepada Evaluasi PPL dan P2K ke depan agar Mahasiswa - mahasiswa yang mengikuti Peraktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) lebih mampu menempakan dirinya dan mampu bersosialisasi dengan baik kepada masyarakat sekolah, maupun masyarakat umum.

Selanjutnya Sambutan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Limbung, menyampaikan bahwa yang namanya Guru dan menjadi seorang guru tidaklah mudah seperti apa yang kita bayangkan, mengikuti PPL, selama 2 bulan belumlah cukup untuk menjadi seorang Guru, PPL ini hanyalah sekedar latihan saja seperti namanya PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan  ). Sebagai kesimpulan sambutannya disampaikan bahwa ketika kita melihat kebatilan dan kita tidak membenarkannya maka itu bukan Guru Namanya, sehingga di sampaikan bahwa tetap membenarkan kebathilan.

Bahan Ajar atau satu RPP yang perlu diterapkan dan harus segera di canamkan agar pendidikan kedepan bisa lebih terarah dan bermutu, hal itu di tuturkan oleh Guru Pamong saat menyampaikan sepatah katanya.
di akhir penyampaianya berpantung :
Walau Hari Kiamat 
Cinta Tetap dihati KIta
dan
Kita tetap satu Almamater...

Rabu, 19 Desember 2012

JAMALUDDIN DG. ABU: Bertani itu Asik

JAMALUDDIN DG. ABU: Bertani itu Asik: Bertani dan menjadi petani kadang masih dianggap remeh dan dianggap pekerjaan yang rendah, namun berbeda dengan faktanya, karena bertani i...

Bertani itu Asik

Bertani dan menjadi petani kadang masih dianggap remeh dan dianggap pekerjaan yang rendah, namun berbeda dengan faktanya, karena bertani itu asik, melihat begitu subur Kentang atau bahasa Kanreapianya Lame - Lame mengajak kita untuk bisa melihat para petani dalam merawatnya.

Lame - lame bahasa sehari - harinya, termasuk jenis yang mahal harganya, terkadang harganya sampai 10   ribuan perkilo. Bibit lame - lame di proses oleh petani sendiri tanpa harus membeli bibit dari orang lain. Lama proses tanam dan panengnya selama tiga bulanan baru bisa dipaneng.
Kanreapia adalah daerah terdingin yang ada di Tombolo Pao Kab. Gowa, di Desa ini tersimpang dan tumbuh banyak jenis sayuran, namun anehnya hanya sayuran saja yang bisa tumbuh dan di tanam. 
Buah - buahan dan tanaman seperti coklat, cengkeh dll tidak bisa tumbuh didaerah ini. Kanreapia merupakan daerah unik terlihat dari hasil tumbuhan tanaman yang hanya satu jenis yang bisa tumbuh yaitu hanya sayur - mayur. Berbicara masalah persawahan yang ada di Desa Kanreapia hanya ada dua Dusun yang bisa di tanami padi yaitu, Dusun Silanggaya dan Parang Boddong. Namun Sawah - sawah tersebut pun sampai hari ini sudah mulai beralih fungsi menjadi perkebunan, karena di anggap kalkulasinya lebih banyak hasil jika di jadikan perkebunan. 

Antara persawahan dan Perkebunan jauh berbeda akan hasil yang di hasilkan dari bercocok tanam tersebut dengan perhitungan bahwa persawahan hanya 2 kali dalam satu tahun paneng sedangkan jika dijadikan perkebunan bisa 2 bulan tiap 2 bulan bisa paneng. at yang menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap beberapa penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat.

Kentang nama ilmiahnya adalah SOLANUM  TUBEROSUM

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari lame - Lame :


  1. Berat badan 
    Kentang kaya akan karbohidrat dan kurang protein. Hal ini menjadikan kentang makanan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan karbohidrat.
  2. Pencernaan 
    Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat kentang manjadi makanan baik bagi pasien, bayi dan orang-orang yang mengalami masalah pencernaan.
  3. Perawatan kulit 
    Vitamin-C, Vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk kesehatan kulit. Ampas kentang yang dilumatkan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.
  4. Fungsi otak 
    Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
  5. Peradangan 
    Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.
  6. Rematik 
    Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.


Senin, 17 Desember 2012

Bawang Perei

Saat - saat Paneng Bawang Perei.
inilah aktifitas keseharian masyarakat Kanreapia Kec. Tombolo Pao dalam beraktifitas, sistemnya adalah saling membantu, pada saat yang satu lagi paneng maka dipanggillah masyarakat yang lain untuk membantu proses panengnya.

Seumpama jatah ( istilah dari pedagang ) 10 ikat dalam satu hari, maka biasanya yang dibutuhkan oleh pemilik bawang sekitar 3 orang, 1 laki - laki dan 2 perempuan, sehingga jumlah yang mengerjakan sebanyak 5 orang dari pemilik 2 orang suami dan istrinya. Adapun kebiasaan pada saat paneng ketika memanggil masyarakat untuk membatu dalam proses paneng maka akan diberikan juga imbalan ( gaji ), tergantung dari harga Bawang.

Cara paneng pun ada yang Kotor dan ada yang di istilahkan Bersih. Gambar di samping Contoh Bawang yang bersih karena akarnya dibuang dan harus dbersihkan. Proses bawang yang bersihpun terbilang lama karena harus satu - satu di bersihkan. berbeda dengan Paneng bawang yang kotor karena prosesnya cepat, karena cuma cabut, bersihkan sedikit dan langsung diikat.
Mayoritas penduduk Kanreapia terbilang lebih menyukai jenis tanaman ini, dan mayoritas juga lebih menyukai paneng bawang yg bersih karena tidak musiman, berbeda dengan paneng bawang Kotor pedagangnya hanya ambil kalau musim kemarau, karena akan dikirim ke Pare - pare dan beberapa daerah lainnya. Sedangkan bawang yang bersih setiap hari ada pedagangnya karena hanya di jual di Kota Makassar.

JAMALUDDIN DG. ABU: Sayuran Kanreapia

JAMALUDDIN DG. ABU: Sayuran Kanreapia: Desa Kanreapia adalah salah satu Desa yang mempunyai Sumber Daya Alam yang begitu melimpah dari segi Sayur - sayuran, sepeti Foto disam...

Sayuran Kanreapia


Desa Kanreapia adalah salah satu Desa yang mempunyai Sumber Daya Alam yang begitu melimpah dari segi Sayur - sayuran, sepeti Foto disamping adalah salah satu contoh akan suburnya sayuran di Desa Kanreapia, 

Sawi - sawi dan Bawang Perei salah satu jenis sayuran yang ada di Desa Kanreapia. Sejauh ini sayuran - sayuran tersebut di jual ke para pedagang yang menjualnya ke Pasar Sungguminasa Kab. Gowa, pasar Terung dan Pannampu, sebagian lagi dikirim ke Pare - pare bahkan ke Kalimantan. 

Antara Bawang Perei dan Sawi berbeda cara pengelolaanya. Bawang atau biasanya di sebut Perei hanya di tanam sekali, seterusnya dipaneng. pengelolaan bawang sangatlah sederhana tetapi merupakan sumber penghasilan dan paling banyak di tanam di Desa Kanreapia. Hampir keseluruhan masyarakat Kanreapia menanam jenis ini, karena terbilang sederhana penanaman dan perawatannya, di samping itu modalnya juga terbilang sedikit, bermodalkan bibit satu kali dan pupuknya pupuk kandang yang di muat dari kab. Maros dan di tambah pupuk Organik ( pupuk Urea ) . Sedangkan Sawi - sawi satu kali tanam dan satu kali paneng. Lama panengnya lebih 2 bulan atau hampir 3 bulan. 
Di samping perbedaan yang lain adalah harganya, harga bawang cenderung lebih mahal dan bertahan lama sedangkan sawi tidak menentu.

Minggu, 16 Desember 2012

Rumah Baca Kosdap KG

Rumah Baca Kanreapia ( RBK ) adalah salah satu tempat pengembangan minat baca Pedesaan. berbagai Koleksi Buku yang telah di kumpulkan dalam satu tempat, sumber buku itu dari seluruh pengurus KOSDAP KG. Perpustakaan atau Rumah Baca dalam bahasa Kosdap adalah tempat atau Gudangnya Ilmu
Melalui Rumah Baca ini Lembaga atau LKIM Pena Unismuh Makassar, telah menyumbangkan berbagai koleksi bukunya.
Dengan perencanaan peningkatan minat Baca dan peningkatan SDM sehingga kegiatan - kegiatan Gemar membaca masih perlu di tingkatkan. 

Dalam Era Globalisasi peralihan Zaman tradisional ke Ilmu Pengetahuan seperti yang di alami saat ini, kejayaan tidak akan di rasakan bagi orang - orang yang tidak mau berpengetahuan. Orang - orang yang akan mengambil tahta  pemerintahan hanyalah orang - orang yang ber Ilmu Pengetahuan. 

Krisis Pengetahuan yang melanda pemikiran saat ini harus mampu di ubah step by step sehingga terjadi kesinambungan antara pemikiran acuh tak acuh menjadi pemikiran Kesadaran akan pentingnya pengetahuan.