Sabtu, 05 Desember 2015

Akbar Post, Kutipan Kota Bunga



Berkunjung ke Kota Bunga 

Tepat pukul 10.00 pagi, di tengah teriknya matahari di balik lenturnya jok mobil, kami berangkat menuju kota bunga.
Seruan adzan menyambut kami, sehingga kami berhenti sejenak untuk menunaikan sholat di mesjid besar kota bunga.
Setelah sholat, kami melanjutlan perjalanan menuju Kanreapia kurang lebih 10 km dri pusat kota Malino.

Ketika Sarjana Berlomba Mencari Lowongan Justru Saya Kembali Bertani



Ketika para sarjana berlomba – lomba mendaftar menjadi PNS, ketika para Master  berlomba – lomba menjadi Dosen, ketika Sarjana dan master sibuk membuat lamaran dan mengikuti pendaftaran, ketika  itu saya kembali menjadi seorang PETANI. Ketika itu saya kembali mengambil cangkul dan peralatan pertanian yang lain.
Hal inilah membuat sebagian orang merasa aneh dan lucu karena ini akan susah di pahami oleh orang lain, tetapi ini membuatku enjoy dan bangga menjadi seorang master yang bisa kembali menjadi seorang petani.
Lahan, tanaman dan petani selalu saya jadikan Artis – artis dalam potretan kamera yang menjadi bagian dari alat pertanian yang selalu saya bawa. Potret pertanian kini selalu menjadi isu dan berita di media – media yang memberikan dukungan kepada aktifitas pertanianku.
Rasa heran dari masyarakatpun terasa dan akhirnya mereka bertanya, Kok saya kembali bertani padahal  saya seorang  sarjana. Saya di anggap buang – buang waktu dan biaya karena bertahun – tahun kuliah dan akhirnya kembali bertani.

Kamis, 03 Desember 2015

Dari Desa Membangun Indonesia




Dari desalah sebenarnya kita semua berasal. Adalah suatu kenaifan ketika kita menganggap remeh kekuatan yang dimiliki desa di seantero nusantara. Untuk memajukan desa, pertama-tama kekuatan rakyat desa perlu dilengkapi dengan aparat desa yang berdedikasi, politikus yang berpihak pada rakyat, pendamping desa yang mumpuni dan terutama juga semua orang yang menyadari bahwa ekonomi negeri ini harus dibangun dari desa. Itulah langkah awal untuk memajukan ekonomi desa.

‘’Wisata Kebun’’




Malino adalah salah satu obyek wisata yang ada di Sulawesi Selatan, malino di juluki sebagai kota bunga. Daerah dengan berbagai macam tumbuhan yang bisa tumbuh subur, sehingga tidak heran jika malino kini mampu menjadi daerah agrowisata.
Beberapa tahun terakhir Malino kini menjadi Wisata Kebun, Baik Perkebunan Strawberry, Perkebunan Teh, Perkebunan Kopi, Sayuran dan Markisa Gapoktan Butta Gowa.
Sekarang Wisata Kebun seperti Kopi, Sayuran dan Markisa menjadi daya tarik tersendiri di daerah ini, bukan hanya sekedar lokasi rekreasi tetapi menjadi lokasi Percontohan Organik dan menjadi lokasi Penelitian beberapa kampus dari Fakultas Pertanian yang ada di Makassar.

Senin, 30 November 2015