Kamis, 03 Desember 2015

Dari Desa Membangun Indonesia




Dari desalah sebenarnya kita semua berasal. Adalah suatu kenaifan ketika kita menganggap remeh kekuatan yang dimiliki desa di seantero nusantara. Untuk memajukan desa, pertama-tama kekuatan rakyat desa perlu dilengkapi dengan aparat desa yang berdedikasi, politikus yang berpihak pada rakyat, pendamping desa yang mumpuni dan terutama juga semua orang yang menyadari bahwa ekonomi negeri ini harus dibangun dari desa. Itulah langkah awal untuk memajukan ekonomi desa.

Majunya desa adalah tanggungjawab bersama semua anak bangsa. Kami dan Anda harus menjalin kemitraan untuk memfasilitasi desa membangun. Kreativitas kami tak kan berarti tanpa Anda. Misi kami hanya akan terwujud jika bergerak bersama Anda semua.
Ketika “kami” menjadi “kita” maka kita bisa bergerak bersama memajukan desa. Stake holder Desa bisa belajar melalui e learning yang kami kelola, memperluas wawasan melalui tulisan-tulisan tentang ekonomi desa di website kami, meningkatkan kapasitas sebagai perangkat desa atau pendamping desa melalui konsultansi yang kami fasilitasi.
Memajukan berbagai usaha desa, meningkatkan kualitas produk-produk desa, membangun bisnis di desa, melahirkan pemuda desa sebagai entrepreneur tangguh, meningkatkan ekonomi penduduk desa, adalah misi kami. Namun misi itu seharusnya menjadi misi kita semua. Menjadi sesuatu yang harus kita wujudkan bersama dalam derap desa membangun.
Desa di seantero nusantara memiliki beragam kekayaan yang belum terolah menjadi produk-produk andalan Indonesia. Slogan cintailah produk Indonesia masih sekadar slogan yang belum menyentuh produk desa. BUM Desa masih belum memaksimalkan perannya untuk memajukan produk desa. Seharusnya BUM Des bersama dengan UKM berperan penting dalam mendirikan usaha desa yang tepat, bermanfaat dan menghasilkan produk atau layanan yang mampu bersaing di tengah iklim pasar global.
UKM bisa menjadikan beragam produk unggulan desa sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan bersaing merebut tempat di pasar global melalui e commerce usaha desa yang diperuntukkan khusus untuk produk desa. Usaha Desa siap menjadi pendukung kemajuan UKM dan Bumdes di seluruh Indonesia melalui metode pemetaan aset, aktor dan akses secara partisipatif. Produk desa harus bisa merebut dan menguasai pasar.
Melalui kekuatan media online yang tepat, tim yang kreatif dan terpadu, kita bisa mengibarkan kehebatan desa. Kita bisa bersama-sama membuat program branding untuk setiap produk yang dihasilkan desa. Ide, capaian, usaha, produk, perusahaan yang ada di setiap desa harus dikenal luas agar tumbuh dan berkembang di era modern kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''