Profesi adalah suatu
jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian tertentu, jadi profesional adalah
pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber
penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian atau kecakapanyang memenuhi mutu
atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
1.
Syarat-syarat
yang harus dipenuhi oleh calon guru ialah sbb:
·
fisik
yaitu kesehatan jasmani,maksudnya guru haruslah berbadan sehat dan tidak
berpenyakit dan tidak memiliki tubuh yang cacat yg bisa mengganggu kelancaran
tugasnya mengajar di muka kelas
·
psykis
yaitu sehat rohania tidak mengalami gangguan kelainan jiwa atau penyakit
syaraf,yg tidak memungkinkan dapat menunaikan tugasnya dengan baik
·
mental
yaitu memiliki sikap mental yang baik terhadap profesi keguruan mencintai dan
mengabdi dedikasi pada tugas jabatannya
·
moral
yaitu sifat susila dan budi pekerti luhur maksudnya setiap calon guru dan
pendidik adalah mereka yang sanggup berbuat kebajikan,serta bertingkah laku
yang bisa dijadikan suri tauladan bagi orang-orang dan masyarakat sekelilingnya
·
intelektual
atau akademis yaitu mengenai pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh
dari lembaga pendidikan guru yang memberi bekal untuk menunaikan tugas sebagai
pendidik formal disekolah.
Itulah syarat-syarat
yang perlu diusahakan untuk dipenuhi oleh setiap guru dan calon guru,yang
memang dituntut oleh bidang profesi keguruan,agar mereka bisa diharapkan untuk
menjadi guru-guru yang baik dan profesional
Di
sekolah,sebenarnya tugas dan peranan seorang guru bukanlah sebagai pemegang
kekuasaan,tukang perintah melarang dan menghukum anak-anak atau
murid-muridnya,tetapi sebagai pembimbing dan pengabdi anak-anak,artinya guru
harus selalu siap sedia memenuhi kebutuhan jasmani-rohani anak dalam
pertumbuhannya.Seorang guru harus mengetahui apa,mengapa dan bagaimana proses
perkembangan jiwa anak itu,karena dia sebagai pendidik formal memang terutama
bertugas untuk mengisi kesadaran anak-anak,membina mental mereka,membentuk
moral mereka dan membangun kepribadian yang baik dan integral,sehingga mereka
kelak berguna bagi nusa dan bangsa.
Guru
dalam tugasnya mendidik dan mengajar murid-muridnya adalah berupa membimbing
memberikan
petunjuk,teladan,bantuan,latihan,penerangan,pengetahuan,pengertian,kecakapan,keterampilan,nilai-nilai,norma-norma,kesusilaan,kebenaran,kejujuran,sikap-sikap
dan sifat-sifat yang baik dan terpuji
Karena
itulah guru harus bisa memahami isi jiwa,sifat mental,minat dan kebutuhan
setiap muridnyaagar dia bisa memberikan bimbingan dan pelajaran sebaik-baiknyadan
seefektif mungkin serta yang sesuai terhadap sifat-sifat individual setiap
anak.
Untuk
keperluan tersebut seoarang guru harus mengetahui dan mempelajari ilmu
pengetahuan keguruan saperti: ilmu jiwa anak,ilmu jiwa pendidikan,ilmu
pendidikan,ilmu mengajar atau didaktik-metodik,teknik evaluasi,bimbingan dan
penyuluhan,administrasi pendidikan.Pengetahuan tersebut itu adalah sebagai
bekal untuk menunaikan tugasnya sebagai pendidik formal mendidik dan mengajar
murid-murid di sekolah. Dan hasil pendidikan disekolah itu hendaknya sebesar
mungkin memenuhi kebutuhan anak,harapan keluarga,keinginan masyarakat serta
tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern zaman sekarang.
Seorang
guru yang benar-benar sadar akan tugas dan tanggung-jawabnya,tentulah akan
selalu mawas diri,mengadakan intropeksi diri,berusaha selalu ingin berkembang
maju,agar bisa menunaikan tugasnya dengan baik,dengan selalu menambah
pengetahuan,memperkaya pengalaman dirinya melalui membaca buku
perpustakaan,mengikuti seminar,loka karya,kursus-kursus penataran agar selalu
bisa mengikuti gejolak perubaha-perubahan sosio-kultural dalam masyarakat serta
kemajuan ilmu dan teknologi modern dewasa ini.
Guru
dan para pendidik pada umumnya,adalah merupakan perintis pembangunan disegala
bidang kehidupan dalam kehiduoan masyarakat.Tetapi juga merupakan pahlawan yang
tak dikenal atau tak mau dikenal oleh masyarakat.
Guna
memenuhi peranan dan tanggung jawabnya yang besar dan mulia itu,perlulah
seorang guru berusaha memiliki sifat-sifat yang baik dan menyadari kode etik
jabatan guru.
2.
Guru
yang beretika/ kde etik guru
Etika
adalah suatu sikap dan sifat seorang guru yang baik dan bijaksana serta dewasa
dalam mengambil keputusan.
Kode etik
jabatan guru adalah: usaha pendidikan untuk mencapai cita-cita luhur bangsa dan
negara indonesia sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945 mutlak
diperlukan sarana yang teratur dan tertib untuk dijadikan pedoman yang
merupakan tanggung jawab bersama.setiap jabatan yang berantar hubungan pribadi
manusia diperlukan petunjuk-petunjuk yang wzajib dilindungi,ditegakkan serta
ditumbuhkan.
Untuk
menjamin terselenggaranya pendidikan,setiap guru berkewajiban mencintai
tugasnya yang mulia dengan kesadaran pengabdian hidupnya terhadap
manusia,bangsa dan negara yang diridhoi
oleh tuhan tang maha esa.
Untuk
mencapai hal-hal tersebut diatas,maks guru atau calon guru harus mengetahui dan
diamalkan oleh seorang guru dalam jabatannya:
3.
Peranan
Seorang Guru
·
Hubumgan
guru dengan murid
1.
Guru
selaku pendidik hendaknya selalu menjadikan dirinya suri teladan bagi anak
didiknya
2.
Di
dalam melaksanakan tugas harus di jiwai dengan kasih sayang,adil serya
menumbuhkannya dengan penuh tanggung jawab
3.
Guru
wajib menjunjung tinggi harga diri setiap murid
4.
Guru
mencegah usaha-usaha atau perbuatan-perbuatan yang dapat menurunkan martabatnya
5.
Setiap
guru pergaulan dengan murid-muridnya tidak dibenarkan mengaitkan persoalan
politik dan ideologi yang dianutnya baik secara langsung maupun tidak langsung.
·
Hubungan
guru dengan sesama guru
1.
Didalam
pergaulan sesama guru hendaknya bersifat terus terang dan sederajat
2.
Diantara
sesama guru hendaknya selalu ada kesediaan untuk saling memberi saran,nasehat
dalam rangka menumbuhkan jabatan masing-masing
3.
Guru
hendaknya mencegah pembicaraan yang bersifat sensitif,yang berhubungan dengan
pribadi sesama guru.
·
Hubungan
guru dengan masyarakat
1.
Guru
hendaknya melayani dan membantu memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam
masyarakat sesuai dengan fungsi dan kemampuannya
2.
Guru
hendaknya menghormati dan menyusaikan diri dengan adat kebisaan masyarakat
dengan sikap membangun
3.
Guru
harus menerima dan melaksanakan peraturan-peraturan negara dengan sikap
korektif dan membangun
4.
Guru
adalah perantara antara sekolah dan masyarakat
·
Adapun
Sifat-Sifat Seorang Guru Yang Baik
1.
Berwibawa
2.
Jujur
3.
Bertanggung
jawab
4.
Adil
bijaksana dalam memutuskan sesuatu
5.
Rajin
6.
Mudah
bergaul dan tidak sombong
7.
Cinta
kepada tugasnya
8.
Bisa
mendisiplin diri sendiri
9.
Pemaaf,tetapi
juga harus bersifat tegas
10. Tidak lekas marah
11. Mau mendengar pendapat orang lain (tidak
fanatik)
12. Selalu ingin menyelaraskan
pengetahuannya dan meningkatkan kecakapan profesinya dengan perkembangan ilmu
pengetahuan terakhir
13. Loyalitas terhadap bangsa dan
negaranya
14. Dan tidak mengharapkan balas budi
karena jasanya terhadap muridnya.
Adapun
metode-metode pangajaran dalam kelas yang efektif ialah sbb:
1.
Metode
ceramah.
Yang
dimaksud dengan metode ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan oleh
guru terhadap kelas.dengan begitu guru dapat menguasai seluruh arah kelas.
2.
Metode
drama atau praktek
Metode
ini dapat bakat dan inisiatif siswa untuk belajar yang baik
3.
Metode
tanya jawab
Yang di maksud ndengan tanya jawab
disinilah ialah setelah penjelasan guru selesai maka guru hendaknya mengadakan
tanya jawab dalam bentuk diskusi agar pemaham atau wawasan siswa dapat terbuka
dan di selesaikan dengan bersama-sama.
4.
Dan
metode tugas pembagian belajar
Metode ini mempunyai tujuan yang dimana guru memberi
tugas kepada siswanya dan siswa ini mengerjakannya di rumah,dan metode ini
mempunyai tujuan tertentu kepada siswa yaitu memliki tujuan yang
jelas,petunjuk-petunjuk yang jelas serta bisa mengetahui kelemahan siswa atau
anak didik.
Sebagai
guru atau calon guru maka dia harus memahami dan mencapai sebuah hasil belajar yang efektif
baik murid-muridnya itulah yang dijadikan pedoman dalam setiap kali membuat
persiapan mengajar.Guma mencapai tujuan tersebut,makaa hendaknya luas
perencanaan mengajar seorang guru mencakup aaspek-aspek persiapan tersebut
ialah sbb:
1.
Persiapan
terhadap situasi umum
2.
Persiapan
terhadap murid-murid yang akan dihadapi
3.
Persiapan
dalam tujuan pelajaran (tujuan intruksional yang hendak dicapai)
4.
Persiapan
dalam bahan atau materi pelajaran yang hendak diajarkan
5.
Persiapanb
tentang bentuk dan metode mengajar
6.
Persiapan
tentang alat-alat peraga pengajaran yang hendak dipakai
7.
Persiapan
dalam hal jenis dan teknik evaluasi.
4.
Guru
yang baik dan berakhlak
Bagaimana
menjadi guru yang baik dan berakhlak??? Sifat guru bermacam-macam,ada yang
pendiam,cerewet,pemarah,lemah lembut dsb. Akan tetapi sebagai guru yang baik
dan mempunyai ahklak yang baik dan ptaut untuk dicontoh oleh anak didik,maka
dia harus berpenampilan yang rapi dengan berpakaian yang sopan dan seorang guru
terutama guru agama dia harus bisa lemah lembut dalam mengajar anak didiknya
dengan begitu maka siswa itu lebih bisa memahami dan patuh kepada gurunya.
Secara
umum guru itu harus memenuhi dua kategori yaitu:guru memiliki capability dan
loyality yakni guru harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang
diajarkannya,memiliki kemampuan teoritis tentang mengajar yang baik dan
berakhlak,dari mulai perencanaan,implementasi sampai evaluasi.Dan memiliki
loyalitas keguruan,yakni loyal terhadap tugas-tugas keguruan yang tidak semata
didalm kelas,tetapi sebelum dan sesudah kelas.
Menurut
Gilbert H.Hunt dalam bukunya Effective Teaching menyatakan bahwa guru yang baik
itu harus memenuhi tujuh kriteria yaitu sbb:
1.
Sifat
yaitu guru harus memiliki sifat-sifat antusias,stimulatif,mendorong siswa untuk
maju,sopan,bijaksana,bisa dipercaya,demokratis,mampu menyampaikan perasaannya
dan memiliki pendengaran yang baik
2.
Pengetahuan
yaitu guru itu harus memiliki
pengetahuan yang memadai dalam mata pelajaran dan memiliki wawasan yang luas
3.
Apa
yang disampaikan yaitu guru yg baik mampu memberikan jaminan bahwa materi yang
disampaikannya mencakuo semua unit bahasan yang diharapkan siswa secara
maksimal
4.
Bagaimana
meengajar yaitu guru harus mampu menjelaskan secara jelas dan terang dan
menggunakan bahasa yang baik serta menjadi
petunjuk pada siswa agar siswa itu majub dan berprestasi
5.
Harapan
yaitu guru mampu memberikan harapan pada siswa dan mendorong berpartisipasi
orang tua dalam memajukan kemampuan akademik siswanya
6.
Reaksi
guru terhadap siswa yaitu guru bisa menerima berbagai masukan,risiko dan
tantangan selalu memberikan dukungan pada siswanyankonsisten daklam
kesepakatan-kesepakatan drngan siswa dan bijaksana dalam menghadapi tingkah
laku siswa.
7.
Management
yaitu guru harus mampu menunjukkan kerahlian dalam perencanaan,memiliki
kermampuan mengorganisasi kelas sejak hari pertama dia bertugas,cepat memulai
kelas,memiliki teknik untuk mengontrol kelas memberi hukuman dengan bentuk yang
paling ringan,dapat menguasai suasana tenang dalam belajar,dan tetap dapat
menjaga siswa untuk tetap belajar menuju sukses.
Guru
yang baik,beretika,berakh;ak dan profesional, ialah guru itu dia mampu
menjalankan tugasnya sebagai guru dengan ikhlas,guru itu harus kreatif dan
memiliki karakter tersendiri didalam mengajar siswa,guru itu harus cerdas dan
pandai dalam mengatasi kelas dan harus bisa menciptakan kelas yang efektif, dan
guru itu juga harus konsisten dan bijak dan profesional,memiliki akhlak yang
baik dan beretika yang baik di dlam mengajar,guru itu ibarat sebuah petunjuk
bagi siswanya jadi guru itu harus selalu berkelakuan baik dan didepan para
siswa,guru-guru,orang tua siswa dan kepada masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Bloom BS (ed), Taxonomy of educational objectives,Handbook I Cognitive
Domain,Longmans,1967.
Masrun, MA dan Sri Muljani Martanian
Drs.Psychologi pendidikan, jaspen,
fak.psy. UGM Yogyakarta,1971.
Nasution
S, Dr, Azas-azas, kurikulum,jemmars.
Brawn
J.V. et.al.AV,, Instruction Materials and
Methode.
Dale,Edgar,Audio Visual
Methods in Teaching
Gronlund, Norman E, and
Robert L. Linn, Measurement and Evalution
in Teaching, Macmillang Publishing Company, New York,1990.
Hadad, Wadi D,, policy Planning,pracess and Applied
framework, UNESCO,paris,1995
Education
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''
''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''