Sabtu, 28 Februari 2015

Sejarah Pemimpin Desa Kanreapia


Sejarah Pemimpin Desa Kanreapia
Desa Kanreapia awal mulanya merupakan bahagian dari desa Tabbinjai yang akhirnya menjadi desa persiapan yaitu menjadi desa Kanreapia. makna dari desa Kanreapia sendiri adalah daerah yang dingin dan penduduk selalu Binru – binru.
Tahun 1985 Desa Kanreapia dipimpin oleh seorang kepala desa yaitu Lontara Tonang beliau menjabat selama 5 tahun dan akhirnya pada tahun 1990 desa Kanreapia mengadakan pemilihan kepala desa pertama dan mempunyai tiga calon yaitu :
1.      Muh. Yahya Cari
2.      Raming Numpa
3.      Pak Yusuf
Terpilih sebagai kepala desa yaitu Raming Numpa dan yang menjadi Sekertaris Desa adalah, Muh. Uddin, dan pak Haris. Periode ke 2 Raming numpa kembali terpilih menjadi kepala Desa Kanreapia dan H. Asdar Nanjeng S.Sos diangkat menjadi sekertaris Desa (sekdes).
Pemilihan ditahun 2000 akhirnya Raming Numpa dan H. Asdar Nanjeng S.Sos bertarung dalam pemilihan kepala desa Kanreapia dan pilihan masyarakat memilih H. Asdar Nanjeng S.Sos sebagai kepala desa, dan menjadi sekertaris desa adalah pak Sukri.

Dibawah kepemimpinan H. Asdar Nanjeng Nampak perubahan seperti infarstruktur jalan, jaringan komunikasi dan Sekolah SMP, MA dan Organisasi Kelompok Study dan Pemuda Kanreapia Gowa (KOSDAP KG) didirikan.
Kepala desa selanjutnya adalah Hj. Patmawati merupakan kepala desa perempuan pertama yang menjabat didesa kanreapia, Hj. Patmawati mampu mengalahkan pesainnya yaitu H. Martin dan Basri usman dengan perolehan suara yang jauh melewati keduanya. Periode pertama berarir pada tahun 2018 yang akan datang.
Adapun jumlah Dusun desa Kanreapia sebanyak 7 (tujuh) dusun yaitu
1.      Bontona
2.      Bontolebang
3.      Kanreapia
4.      Hala –halayya (Bontona Hala-halayya)
5.      Balang Lohe
6.      Silanggayya (Liang Silanggai)
7.      Parang boddong
Demikianlah sejarah singkat desa Kanreapia, semoga mampu menjadi sumber informasi buat generasi – generasi selanjunya, dan jika ada kekeliruan didalamnya mohon diluruskan.





1 komentar:

  1. Tabe, Pak Jamaluddin Dg. Abu. Jarak tempuh dari Makassar iye brp jam?

    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''