Minggu, 22 Februari 2015

‘’PEDDAKIA’’



‘’PEDDAKIA’’
PEDDAKIA ADALAH NAMA salah satu gunung yang ada diDesa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa yang mempunyai ciri khas dan keindahan alam yang harus dijaga kelestarian dan history asal usulnya.
Dikutip dari beberapa penjelasan tokoh masyarakat Kanreapia, pemberian nama PEDDAKIA, mempunyai dua latar belakang sejarah, yaitu dari segi mistis bahwa tempat tersebut adalah PASARA ANJAYYA
, artinya tempat tersebut adalah merupakan tempat jaul beli makhluk halus, atau merupakan pasar makhluk halus sehingga dan yang dapat tumbuh ditempat tersebut hanyalah rumput, yang lain tidak bisa tumbuh walaupun segaja ditanami, baik kayu dll.
Kedua dari segi ilmiah, seorang petugas kehutanan Ir. Bahar pernah meneliti dan menyimpulkan bahwa PEDDAKIA mengandung minyak bumi, sehingga yang dapat tumbuh ditempat tersebut hanyalah rumput, dan yang lain tidak bisa tumbuh walaupun segaja ditanami, baik kayu dll.
Sehingga dari kedua latar belakang nama Peddakia baik Kronologis, Tokoh dan Nilai dari history PEDDAKIA dapat di artikan bahwa alasan nenek moyang kita memberikan nama PEDDAKIA karena gunung tersebut gundul, tanpa pepohonan.
Sebagai generi yang bertanggung jawab, mari menjaga nilai yang terkandung didalam sejarah tersebut, kita lestarikan sebagai warisan leluhur nenek moyang kita, sebab nilai dari sebuah sejarah tidak mampu dinilai oleh materi (uang), namun mampu dirasakan dan dibanggakan.


2 komentar:

  1. mantap kang..kapn2 kita bisa sharing tempat asal usul peddakia...karemna tempatnta keren kang????

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bang, kalau mau kesana kami bisa antar.

    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''