Minggu, 06 Januari 2013

Aktifitas yang berbeda Namun Tujuannya Sama



Setiap hari manusia sibuk dengan pekerjaannya, ada yang bekerja sebagai Petani,  pedagang,  sopir,  penjaga Toko, guru. Polri  dan Masih banyak yang lainnya. Kegiatan tersebut adalah merupakan kegiatan Ekonomi yang bertujuan  untuk memenuhi  kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi ada yang dilakukan oleh berbagai badan atau organisasi. Badan – badan atau Organisasi yang melakukan kegiatan ekonomi antara lain Rumah Tangga Keluarga, badan usaha, dan rumah tangga negara.
            Penghasilan adalah pemasukan yang di belanjakan untuk mengcukupi kebutuhan kehidupan.  Setiap hari tentu manusia harus mengeluarkan pengeluaran untuk konsumsi. Konsumsi itu meliputi semua pemakaian barang dan jasa,Misalnya makanan, biaya Kuliah, Biaya Pengobatan, Sewa KOS, bayar listrik dll.
Hal inilah membuat aktifitas berbeda namun mempunyai tujuan yang sama adapun hal – hal yang penting di perhatikan  agar penghasilan dan pengeluaran dapat stabil...
-         Berapakah besarnya penghasilan...???
-         Apakah penghasilan dapat di tingkatkan...???
-         Dari mana penghasilan dapat diperoleh...???
Nah hal ini juga membuat kita harus mampu melihat sistem perekonomian yang ada di negara kita Indonesia, karena ideologi yang di anut setiap negara berbeda – beda dan ideologi tersebut sangat berpengaruh pada struktur ekonomi suatu negara.
Secara garis besar di dunia ini ada 3 sistem ekonomi, Yaitu :
1.         Sistem Perekonomian Kapitalis/Liberal
Yaitu sistem ekonomi yang menghendaki kebebasan dalam berbagai segi kehidupan ekonomi. Atau pihak swasta bebas bergerak dalam segala kegiatan ekonomi  tanpa campur tangan pemerintah
2.           Sistem perekonomian Sosialis
Yaitu semua  kegiatan perekonomian di kuasai oleh pemerintah
3.           Sistem Perekonomian Campuran
Yaitu antara kapitalis dan Sosialis
Nah setelah kita membaca gambaran mengenai sistem perekonomian, tentunya kita sudah bisa mengsyukuri apa – apa yang telah menjadi aktifitas Keseharian kita, karena apapun bentuk dari Pekerjaan Kita , intinya adalah kebutuhan ekonomilah yang kita cari.  Dan mari kita memberikan kesimpulan akan sistem ekonomi yang di terapkan  di Negara kita, Indonesia.

3 komentar:

  1. mungkin senada dengan kalimat ini,

    apapun tujuan orang melangkah selalu berjujung pada uang, nama dan kelamin

    uang meliputi kesejahteraan (ekonomi,kesehatan pendidikan dsb)
    nama meliputi gelar, pangkat, jabatan, tamatan dan mantan. hehe
    kelamin juga menjadi tujuan perburuan manusia yang normal.

    ini sekedar intermesso. kurang dan lebihnya mohon dkoreksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat Menarik, dan Melengkapi Untaian kata - kata yang saya tulis...

      Makasih Atas Intermesso-Nya...

      Hapus
  2. akibat dari materi yang dikejar oleh manusia (materi ekonomi) sehingga tercipta persaingan yang memungkinkan manusia untuk bertarung mendapatkan kesejahteraan.

    berangkat dari pertarungan itu, lahirlah sebuah konsep pertarungan. di barat pada waktu itu terjadi beberapa konsep ekonomi yang secara filosofis dikenal konsep merkantalis sebelum lahirnya konsep kapitalisme. merkantalis melakukan proteksi ekonomi sedangkan kapitalis sestemnya pasar bebas. dari konsep inilah belakangan semakin banyak aliran yang berkembang, termasuk sosialis, di indonesia dikenal sistem ekonomi kerakyatan. disulsel dikenal sistem ekonomi ero'-ero' sedangkan di kanreapia masih berlaku sistem barter dengan masyarakat malewang.


    hehehe, maaf komentar kosongji komandan

    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''