Minggu, 20 Januari 2013

Tipe Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa banyak pelajaran banyak agenda yang dijalani dan diikuti keseharian, baik dalam kampus maupun  diluar kampus seperti organisasi, di dunia organisasi sering kali senior - senior mengatakan bahwa ada tiga tipe mahasiswa atau biasa diistilahkan 3K yaitu :
Inilah yang kemudian yang terjadi kepada diri penulis apa yang telah disampaikan oleh senior-senior karena gambaran dari tipe mahasiswa tersebut bahwa aktivitas keseharian penulis hanya berada dikamar atau tepatnya di rumah penulis hanya mampu berimajinasi atau hanya mampu merangkai kata demi kata menjadi satu kalimat dan akhirnya menjadi satu paragraf dan suatu uraian posting. Sebagian waktu penulis hanya habis dirumah untuk belajar merangkai kata-kata dan beberapa sumber inspirasi untuk belajar merangkai kata-kata itu adalah seorang keponakan yang selalu menemani, yang selalu mengajak bicara, yang selalu ingin bercanda, yang selalu ingin ditemani main-main, dan permainannya itu adalah permainan perempuan karena kebetulan ponakanku seorang perempuan.
Sebutlah ponakanku itu NUR NAYLA ponakan inilah yang menjadi sumber inspirasi dalam belajar merangkai kata-kata di rumah.
Penulis yang mempunyai jadwal yaitu hari sabtu dan minggu. Jadwal kampus atau perkuliahan ini terbilang singkat karena hanya mempunyai 4 kali tatap muka dan  mempunyai beberapa dosen, dalam satu mata kuliah ada tiga dosen pengajar, dari tiga dosen pengajar, dosen ini mempunyai pembagian jadwal tertentu ada yang 5 kali ada yang 4 kali dalam satu semester masuk mengajar.
Setiap sabtu siang penulis biasanya baru meninggalkan rumah menuju kampus guna untuk mengikuti perkuliahan dan kembali kerumah jam 5.30 namun biasanya perjalanan menuju rumah itu biasanya penulis singgah menyempatkan diri di rumah teman dengan tujuan silaturahmi, kerja tugas, sekaligus diskusi. Begitupun aktifitas perkuliahan dihari minggu yang membedakan hanyalah jam jadwalnya yakni jika hari minggu jadwal perkuliahan dimulai pada pukul 08 pagi sampai jam 12 siang dan tidak jauh beda dengan perjalanan pulang kerumah sesekali singgah dirumah teman sekalian makan siang dan melanjutkan pulang kerumah.
Singkat cerita satu minggu yang lalu dipagi yang cerah berderinglah HP mata terbuka dan akhirnya diri inipun terbangun dari mimpi yang indah  karena ingin mengangkat HP yang berdering itu, terdengarlah suara dari deringan suara itu...
‘’HALO’’...... ternyata suara itu dari KAUR UMUM ( Kepala Urusan ) Desa Kanreapia yang menyampaikan untuk pulang ke kampung.
Nah pembaca yang Budiman sekarang kita melangkah ke tipelogi Mahasiswa ke 3 yaitu  kampung
Tipelogi yang ke 3 ini adalah sering kali diri ini menghabiskan waktu di kampung karena kampung adalah tempat dimana seorang mahasiswa dilahirkan. Sehingga diri ini berani menyimpulakan bahwa banggalah kita jadi orang kampung. Dari deringan HP itu menyimpulkan bahwa diri ini dipercayakan untuk menjadi salah sata bagian dari pada panitia dalam pesta demokrasi pemilihan Gubernur Sul-Sel  yaitu menjadi bagian dari salah satu TPS yang berada di Kab. Gowa Kec. Tompolo Pao Desa Kanreapia TPS 2 Bonto Lebang.
Antara Kamar, Kampus dan Kampung mempunyai keterkaitan yang erat dan ketiganya saling berkaitan,,, itu persepsi penulis....

18 komentar:

  1. aku cinta kampung. disana aku lahir dan hidup, beraktivitas sebagai petani

    aku cinta kamar kostku, disana aku belajar banyak hal, membaca menulis dan BERIMAJINASI

    aku sayang kampusku. moga disana aku bisa mendapatkan yang tersayang. hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkuman Abang membuat kata perkata di atas jadi lengkap...

      Makasih Bang...

      Hapus
    2. 86, menurut komandan, aku ini macam tipe mahasiswa gimana? ups maksud saya aku ini tipenya petani gimana?

      Hapus
    3. Maaf saya ikut memberikan penilaian,
      Kalau tipe K"Haris sangat perhatian, untuk memberikan bimbingan
      kepada Junioarnya...
      dan tipe kedua tidak malu jadi petani...

      Hapus
    4. boleh ikut tapi jangan ikut-ikutan. hehehe, just kidding :)

      tapi kok saya merasa aneh terhadap diriku sendiri. kebetulan saya disinggung soal "perhatian" jadi biarlah postingan selanjutnya di http://harismubarak.blogspt.com adalah soal perhatian.

      Hapus
    5. Saya juga Mau ikutan,,,
      hehehe....
      Saya cuma ingin bertanya kepada diri sendiri, saya tipe Mahasiswi yang mana yach...

      Maaf,,, berikan saya waktu untuk berfikir...

      Hapus
    6. Perhatian, dan segera cari yang bisa memperhatikan Abang...
      hehehe
      semoga abang paham, apa yang harus segera di cari...

      Hapus
    7. Ratnawati Rahman @ tulisan ini berada pada salah satu paradigma yang meliputi eksistensi, esensi dan ekpresi asal jangan imajinasi. nah, jika menggunakan rumus yang dibuat oleh penulis artikel ini, maka anda termasuk mahasiswi yang kecederungannya dimana? itula tipe-y. hehehe,

      Komandan Jamaluddin @ yang pertama saya cari adalah orang yang bisa menarik perhatian saya, soal yang bisa memperhatikan saya biarlah menjadi urusan kedua. (3 syarat itu yang utama) begitu mungkin, tapi ini langka yah. tapi apapun yang didapat, itulah yang terbaik dan harus disyukuri

      Hapus
  2. kalau buat mahasiswa rantau kayaknya ngga bisa dekat dengan "kampung" deh Bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahasiswa punya kampung halaman,
      sehingga walau jauh dari kampung
      tetap ingat dengan kampung...
      hehehehe...

      Hapus
  3. wah kalo saya pribadi termasuk mahasiswa yang sering yang menghabiskan waktu di kampus bahkan tidur disana di lab atau sekertariat Teater hahaha, SElain OL 24 jam dan disana banyak teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,
      Itu tipe Abang, Lanjutkan dan makasih Komennya...

      Hapus
  4. aku bangga kok jadi orang kampung, kampungku di Wonogiri.. kangen deh, skg di Jakarta
    tapi aku tipe mahasiswa yg sering nongol di kampus hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama,
      saya bangga juga jadi orang kampung,
      tetapi kebanggaan itu harus diwujudkan dengan
      rajin belajar dikampus, dirumah maupun dikampung.

      Hapus
    2. kalau saya bukan tipe mahasiswa yang sering mangngodo' dikampus. mungkin sayalah tipe mahasiswa yang dongo' di kampus

      Hapus
  5. Saya Cuma mau bertanya...
    Apakah cuma tiga Tipe Mahasiswa ych...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi saya, ke tiga itu sudah mampu mewakili jumlah keseluruhan tipe Mahasiswa,,, itu pendapat saya...

      Hapus
  6. ini kan opini jadi yang seharusnya yang ditanyakan "alasan membagi tipe mahasiswa", soal jumlahnya tergantung dari pandangan dan keinginan penulis. tentunya disertai dengan alasan.

    kalau saya menulis dengan tema yang sama, tidak ada yang marah klo aku membagi 4 atau lima.

    mohon diluruskan jika saya keliru

    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''