Minggu, 13 Januari 2013

Remaja Jadi Tanda Tanya


                   Berbicara tentang remaja selalu mendapat tanggapan yang beraneka ragam. Sayangnya, sekarang ini kesan yang ada dalam benak masyarakat justru cenderung kebanyakan negatif. Dimulai dari perkelahian antar pelajar, pornografi, kebut-kebutan, tindakan kriminal seperti pencurian dan perampasan barang orang lain, pengedaran dan pesta obat-obat terlarang, bahkan yang sekarang lagi heboh adalah dampak pergaulan bebas yang semakin mengkhawatirkan.
            Remaja adalah mereka yang telah meninggalkan masa kanak-kanak yang penuh ketergantungan dan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah terbayangkan dan dialami, dalam bidang fisik-biologis maupun psikis atau kejiwaan. Menstruasi pertama bagi kaum wanita dan keluarnya sperma dalam mimpi basah pertama kaum pria adalah merupakan tonggak pertama dalam kehidupan manusia yang menunjukkan bahwa mereka sedang dalam perjalanan usia remaja yang indah dan penuh dengan tanda tanya.
            Secara sederhana ada beberapa faktor penyebab pembentuk kepribadian remaja, yaitu :
1.                Faktor lingkungan orang-orang terdekat seperti keluarga, teman dekat, teman sekolah dan juga pendidik di sekolah.
2.              Faktor kelabilan jiwa remaja yang cenderung mengalami perubahan sehingga remaja mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan dan mengarahkan berbagai dorongan kejiwaan pada dirinya.
3.              Terakhir adalah faktor eksternal yang sekarang serba boleh/permisif, seperti berubahnya nilai-nilai dalam masyarakat, tayangan dan informasi yang tidak mendidik, gaya hidup hedonisme/materialisme.
Tugas berat yang disandang pemuda dapat kita rumuskan sebagai berikut :
1.                         Sebagai penyambung generasi kaum beriman
2.                       Sebagai pengganti orang-orang yang beriman yang telah terjadi degradasi iman
3.                       Sebagai reformer spiritual terhadap kaum yang telah menyimpang dari agama
4.                     Sebagai unsur perbaikan
            Hanya sayangnya, kebanyakan pemuda tidak memahami tugas berat ini karena lemahnya pemahaman terhadap Islam. Suatu hal yang ironis, dikarenakan banyak tugas berat yang tidak mereka sadari karena ketidak pahaman atas makna dasar kehidupan ini. Seperti dari mana mereka berasal, untuk apa diciptakan dan akan bagaimana mereka hidup. Jarang jawaban yang dapat kita ambil dari mereka saat ditanya siapa idolanya, yang menjawab tokoh-tokoh panutan umat. Tapi justru tokoh glamour yang cenderung hedonisme (keduniaan) seperti artis, atlit -lah yang kebanyakan mereka agung-agungkan dan dijadikan teladan hidup.
           



5 komentar:

  1. Artikel yang menarik dan perlu dijadikan referensi oleh :
    1. calon remaja agar tidak terjebak oleh bahaya pergaulan bebas,
    2. remaja agar menemukan jalan lurus sesuai dengan yang telah digariskan agama
    3. orang tua (yang punya remaja) agar memberikan perhatian dan pengertian yang ditempatkan pada tempatnya
    4. tenaga pengajar dan juga para konselor, termasuk konselor sebaya untuk memberikan pemahaman dan menunjukkan etika yang terbaik dalam bergaul.

    jika nanti saya punya remaja (Insya Allah. amin yaa Allah). ku mau dan berharap komandan jamaluddin bisa menjadi motivator untuk putra-putri kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, Amin Bang, saya akan tetap jadi motivator untuk siapa saja, terlebih untuk putra - putri abang nanti.

      Hapus
    2. Remaja memang adalah masa transisi dari sebuah perubahan tingkah laku, olehnya itu orang tualah yang bertanggung jawab untuk semua anak - anaknya

      Hapus
  2. Remaja adalah Proses Pencarian jati diri.
    Remaja harus mampu di arahkan ke arah yang lebih positif, krn remaja juga dikenal sebagai masa Coba - coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu betul,

      Dan Arah remaja biasanya di tentukan oleh lingkungan dya berada...

      Barang siapa bergaul dengan pandai besi maka dya akan tercium bau asapnya, dan barang siapa bergaul dengan penjual minyak wangi maka dya akan ikut harumnya.

      Hapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''