Selasa, 15 Oktober 2013

Solidaritas

Solidaritas adalah kebersamaan, kekompakan dan satu arah menuju satu cita – cita. Solidaritas melahirkan tanggung jawab bersama. Tergabung kedalam satu solidaritas menumbuhkan rasa menjaga Amanah dan nama baik Solidaritas atau Organisasi.
Manusia sebagai makhluk sosial, selalu membutuhkan orang lain sehingga rasa solidaritas kepada sesama harus mampu di tumbuhkan. Melihat sisi ketergantungan manusia kepada manusia yang lain sehingga kekompakan dan persatuan harus terjalin dengan baik

Kebersamaan yang tumbuh akan menjadi modal untuk bersama melangkah mengerjakan satu planning menuju aktualisasi dan evaluasi.  Energi kekompakan adalah energi  persaudaraan. Jika kata saudara mampu tumbuh dalam diri setiap manusia maka akan lahirlah kehidupan yang lebih damai dan tentram.
Solidaritas merupakan sifat satu rasa dan seperjuangan, dalam artian bahwa jika satu bagian dari organ sakit maka sakit pula organ – organ yang lain.
Solidaritas adalah penyatuan paradigma berfikir dan melangkah bersama, perumpamaannya adalah coba kita lihat sapu lidi, jika hanya satu saja yang bekerja maka akan patahlah ia, namun jika di gabungkan dalam gabungan dan bekerja bersama – sama maka akan kuatlah ia.
Itulah arti dan gambaran tentang solidaritas, semoga bermanfaat. Salam Solidaritas


2 komentar:

  1. Nafsa pernah dikerjain, diminta membentuk suatu solidaritas. namanya "Solidaritas istri-istri Muna" hehehe.

    BalasHapus
  2. itu salah satu solidaritas... tapi rasanya muna terlalu kejam, kalau komunitas ini mau di adakan...

    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''