Sabtu, 12 Januari 2013

''Belajar Dari Semut''



Semut adalah salah satu binatang yg tergolong sebagai binatang yg kecil, namun kecilnya tidak menyurutkan mereka untuk tidak beraktifitas dan mengangkat sesuatu,= sebab, sebuah solidaritas yg tinggi yg ada pada jiwa – jiwa  semut itu sangat tinggi, ini adalah sebuah contoh atau ha;l yg dapat kita  jadikan pelajaran sebagai umat manusia untuk saling bahu membahu dan bantu-membantu.
Seperti halnya  pepatah mengatakan, ringan sama dijinjing  berat sama dipikul, dilihat dari perbedaan antara manusia dan semut manusia mempunyai badan yg besar dan berakal sedangkan semut mempunyai badan yg begitu mungil ( kecil ) dan tidak berakal. Disinilah kemudian manusia sebagai mahkluk yg berakal harus mampu melihat solidaritas dan toleransi semut untuk di aplikasikan kepada sesamanya.
Hal – hal  yg kemudian dapat kita lihat dan dijadikan pelajaran pada semut  adalah :
1.           Semut mempunyai sifat   pantang menyerah u/ melakukan sesuatu atau berusaha meraih apa yg dia inginkan.
2.          Semut mempunyai rasa solidaritas dan toleransi yg tinggi u/ bersama2 mengerjakan sesuatu yg berat.
3.         Semut mempunyai sifat kepedean karena badan yg mungil tidak membuatnya lemah u/ bekerja.
Kesimpulannya adalah bahwa semut dilihat Dari badannya yg mungil ternyata manusia harus jeli dan tanggap untuk menjadikan keberadaan semut sebagai satu pelajaran untuk mampu meningkatkan solidaritas yg tinggi terhadap sesamanya.

4 komentar:

  1. al-ankabut, an-naml, al-fill, al-baqarah dan masih banyak lagi adalah nama surat yang disandarkan pada binatang. kalau pribadi terjemahkan, ayat yang ada mengisyaratkan umat manusia agar tidak sombong serta taat kepada Allah dengan milihat dan menyaksikan betapa binatang mampu melakukan sesuatu yang lebih dibanding manusia. binatang juga punya sifat baik. apa lagi munasia

    BalasHapus
    Balasan
    1. karya yg sangat baik. ini sangat menarik

      Hapus
    2. hehehe, sekedar merangkai kata - kata Bang... belajar juga dari Abang sih untuk merangkai kata.

      Hapus
  2. Segala sesuatu diluar Manusia, seperti halnya semut mempunyai manfaat untuk Manusia. Seperti halnya menjadikan semut sebagai inspirasi.


    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''