Selasa, 06 Februari 2018

SemangatKu Majukan Desa Melalui Satu Dusun Satu Rumah Baca



Mendirikan Rumah Baca bukanlah hal yang sulit, sinergi dengan semua pemangku kebijakan dan solidaritas kegotong royongan dari masyarakat akan mempermudah Gerakan Cerdas Anak Petani Melalui Satu Dusun Satu Rumah Baca.

 
Rumah Baca ini menjadi wadah bagi masyarakat yang ada di dusun masing – masing, Rumah Baca ini mempunyai banyak Fungsi, yakni bisa menjadi tempat mengaji, baca buku, diskusi, tempat berkumpul bagi petani sambil Ronda di malam hari dan lainnya.

Kanreapia terdiri dari 7 dusun yang nantinya akan memiliki Rumah Baca di masing – masing dusun. Kegiatan – kegiatan belajar menjadi kegiatan positif bagi warga setempat, warga dusun otomatis mempunyai aktifitas yang mengantarkan mereka menjadi warga dusun yang tercerahkan, cerdas dan berwawasan.


Rumah Baca menjadi tempat belajar mengeja bagi warga desa yang tidak bisa baca tulis dan anak – anak petani akan belajar mengaji, belajar mengeja disini ada dua yakni belajar mengenal huruf Hijayyah dan huruf abjad.
Rumah Baca sebagai penampung aspirasi warga, segala kegiatan – kegiatan bisa terdata di Rumah baca. Data anak – anak yang tidak sekolah, data pernikahan dini, data warga yang tidak baca tulis akan terdata di Rumah baca.
Semua data akan terkumpul di Rumah baca, segala kegiatan yang berhubungan dengan masing – masing dusun akan mudah kita temui di Rumah Baca.
Rumah Baca juga akan berfungsi sebagai pengelola potensi wisata di masing – masing dusun, seperti dusun Parang Boddong yang mempunyai potensi Wisata Air Terjun, secara otomatis akan mengelola potensi wisata tersebut.
Desa Kanreapia mempunyai banyak potensi sehingga melalui Rumah Baca di masing – masing dusun kita mempunyai koneksi dan personil untuk mengembangkan potensi tersebut. Rumah Baca akan memulai dari peningkatan SDM Masyarakat dusun yang secara otomatis akan mampu mengelola SDA di masing – masing dusun, sehingga melahirkan Desa Kanreapia sebagai Desa Wisata, Kampung Organik dan Kampung Literasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''