Rabu, 19 Desember 2012

Bertani itu Asik

Bertani dan menjadi petani kadang masih dianggap remeh dan dianggap pekerjaan yang rendah, namun berbeda dengan faktanya, karena bertani itu asik, melihat begitu subur Kentang atau bahasa Kanreapianya Lame - Lame mengajak kita untuk bisa melihat para petani dalam merawatnya.

Lame - lame bahasa sehari - harinya, termasuk jenis yang mahal harganya, terkadang harganya sampai 10   ribuan perkilo. Bibit lame - lame di proses oleh petani sendiri tanpa harus membeli bibit dari orang lain. Lama proses tanam dan panengnya selama tiga bulanan baru bisa dipaneng.
Kanreapia adalah daerah terdingin yang ada di Tombolo Pao Kab. Gowa, di Desa ini tersimpang dan tumbuh banyak jenis sayuran, namun anehnya hanya sayuran saja yang bisa tumbuh dan di tanam. 
Buah - buahan dan tanaman seperti coklat, cengkeh dll tidak bisa tumbuh didaerah ini. Kanreapia merupakan daerah unik terlihat dari hasil tumbuhan tanaman yang hanya satu jenis yang bisa tumbuh yaitu hanya sayur - mayur. Berbicara masalah persawahan yang ada di Desa Kanreapia hanya ada dua Dusun yang bisa di tanami padi yaitu, Dusun Silanggaya dan Parang Boddong. Namun Sawah - sawah tersebut pun sampai hari ini sudah mulai beralih fungsi menjadi perkebunan, karena di anggap kalkulasinya lebih banyak hasil jika di jadikan perkebunan. 

Antara persawahan dan Perkebunan jauh berbeda akan hasil yang di hasilkan dari bercocok tanam tersebut dengan perhitungan bahwa persawahan hanya 2 kali dalam satu tahun paneng sedangkan jika dijadikan perkebunan bisa 2 bulan tiap 2 bulan bisa paneng. at yang menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap beberapa penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat.

Kentang nama ilmiahnya adalah SOLANUM  TUBEROSUM

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari lame - Lame :


  1. Berat badan 
    Kentang kaya akan karbohidrat dan kurang protein. Hal ini menjadikan kentang makanan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan karbohidrat.
  2. Pencernaan 
    Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat kentang manjadi makanan baik bagi pasien, bayi dan orang-orang yang mengalami masalah pencernaan.
  3. Perawatan kulit 
    Vitamin-C, Vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk kesehatan kulit. Ampas kentang yang dilumatkan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.
  4. Fungsi otak 
    Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
  5. Peradangan 
    Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.
  6. Rematik 
    Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.


2 komentar:

  1. betul asyik! apalagi berada di Kanreapia Gowa yang sejuk! tapi gimana dengan model bertani saya? yang di atas pohon itu lho komandan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sama - sama bertani, hanya saja ada di atas pohon ada yang Dedaunan saja...

      Namun intinya adalah bagaimana kita bisa Bertani, dan menjadikan bertani itu ASIK...

      Hapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''