Senin, 07 September 2015

Gowa Go Organik Pameran Pupuk Organik



Dalam Perjalanan menelusuri kehidupan keseharian, terlihat hal yang sangat urgen untuk diperhatikan, hal tersebut adalah Pertanian. Menelusuri rumah – rumah warga, rakyat petani, menanyakan akan cara budidaya dan jenis pupuk yang di gunakan, seperti halnya seorang PPL Pertanian, kami melakukan penelusuran mengumpulkan data dan informasi pertanian.
Hingga akhirnya, sebuah program terlahir yakni Gowa Go Organik, latar belakang lahirnya program tersebut karena melihat kebiasaan – kebiasaan petani yang sangat berbahaya terhadap kesehatan mereka.
Hal yang sangat berbahaya terhadap kesehatan mereka adalah di saat para petani mengaplikasikan pupuk yang mereka gunakan, dengan berbahan kimia mereka dengan santainya tanpa masker dan kaos tangan.

Selanjutnya yang urgen terlihat adalah sehabis mengaplikasikan pupuk kimia, mereka tetap santai merokok dan makan, dengan hanya cuci tangan kadang menggunakan sabun kadang tanpa sabunpun, para petani tetap berani merokok dan makan.
Di sadari atau tidak bahan berbahaya yang digunakan sangatlah berpengaruh terhadap keberlangsungan tanah, udara dan kesehatan pengguna (petani). Oleh karena itu kami Gapoktan Butta Gowa mencoba mensosialisasikan pupuk Organik dengan mengadakan PAMERAN PUPUK ORGANIK di Lapangan Desa Kanreapia Kec. Tombolo Pao Kab. Gowa.
Gapoktan Butta Gowa bersama dengan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP ) akan mengkawal hal tersebut menuju pertanian yang sehat dan ramah lingkungan. Kelemahan – kelemahan dalam dunia pertanian akan coba dikembangkan.
Gowa Go Organik, melalui Pameran Pupuk Organik adalah upaya yang di lakukan untuk mempercepat pergerakan mengalihan penggunaan pupuk anorganik ke organic.
Antusias para petani sangatlah besar merespon pameran ini, mulai dari para petani, kelompok tani, gapoktan hingga wakil rakyat, Anggota DPRD Kabupaten Gowa, H. Rapiuddin Dg Raping menyempatkan diri mengunjungi pameran pupuk Organik Gapoktan Butta Gowa hari ini di Lapangan Desa Kanreapia kec. Tombolo Pao Gowa
Sebagai wakil Rakyat dan ketua Fraksi PPP DPRD Kab. Gowa beliau sangat merespon dan akan selalu memberikan dukungan karena beliau juga menyakini bahwa pertanian Gowa sangat berpotensi untuk di jadikan sebagai pertanian Organik, dengan melihat keuntungan – keuntungan dan bisa jadi kabupaten Gowa menjadi percontohan pertanian Organik.
Pertanian Organik haruslah di mulai dari diri sendiri dan kesadaran akan dampak kepada pengguna dan konsumen haruslah selalu di sosialisasikan bahwa menjadi petani organic jauh lebih sehat dan otomatis ramah lingkungan. Tuturnya,



2 komentar:

  1. pupuk kimia membuat Tanah memiliki ketergantungan terhadap suplai pupuk yang harus selalu ada dan ditingkatkan. apa pupuk organik tidak demikian??

    BalasHapus
  2. Pupuk Organik, dalam pemakaian jangka panjang, malah dosisnya berkurang, karena kesuburan tanah semakin subur. itu salah satu manfaat dr pupuk organik

    BalasHapus

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''