Selasa, 17 November 2015

TOKO TANI ORGANIK, PENUNJANG PERTANIAN ORGANIK




Toko Tani Organik sebagai penyedia bahan organic, Toko Tani Organik merupakan wadah atau tempat para petani untuk mengambil kebutuhan – kebutuhan pupuk organic yang mereka butuhkan.
Dengan hadirnya toko tani organic di desa Kanreapia Kec. Tombolo Pao kab. Gowa para petani bisa memilih pupuk organic mana yang akan di gunakan, walau telah banyak toko – toko tani di sekitar daerah ini namun satu – satunya toko tani organic yang berani tampil beda hanyalah toko tani organic di bawah naungan Gapoktan Butta Gowa.
Kebutuhan dan penggunaan pupuk di daerah ini terbilang besar, sehingga ketersediaan pupuk sangat di butuhkan para petani.

Makassar sebagai ibu kota provinsi Sulawesi selatan seperti di jalan Vetran banyak toko – toko tani yang ada di sana namun mereka tidak menyediakan pupuk organic. Sampai hari ini di Sulawesi selatan masih bisa di katakan khusus toko tani Organik masih susah di temukan, bahkan Gapoktan Butta Gowa belum menemukan ada toko Tani yang khusus Organik.
Kurangnya penyedia bahan – bahan organic membuat petani susah beralih menjadi petani organic, di pengaruhi oleh ketersediaan pupuk yang susah di dapatkan.
Dari latar belakang inilah akhirnya Gapoktan Butta Gowa membuka Toko Tani Organik khusus menyediakan pupuk organic secara lengkap.
Baik Herbisida Organik, Fungisisda Organik maupun pestisida organic, Semuanya ada di toko tani organic Gapoktan Butta Gowa.
Melalui kerja sama beberapa perusahaan seperti PT. Natural Nusantara ( Nasa ), PT. Agung Kencono (Akeno), dan beberapa CV. Akhirnya ketersediaan pupuk organic di toko tani organic dapat di sediakan.
Langkah awal gerakan toko tani organic agar bisa bersaing dengan toko tani organic adalah melalui Demplot, Sosialisasi, pameran pupuk organik, panen raya, dan menyiapkan lokasi percontohan budidaya secara organic.
Keberhasilan dari langkah awal, menjadikan toko tani organic ini telah bekerja sama dengan toko – toko tani yang lain, yang menjual bahan Anorganik, akhirnya mereka menyeimbangkan jualan mereka. Baik kimia maupun organic mereka telah jual di toko tani mereka.
Bukan hanya itu, beberapa kelompok tani juga telah bekerja sama dengan gapoktan butta gowa dan mereka beralih menggunakan pupuk organic.
Dari perjalanan tersebut kini masyarakat secara umum telah merasakan dan mengetahui manfaat dari penggunaan pupuk organic dan mereka mulai beralih menggunakan pupuk organic. Bahkan dari luar kabupaten Gowa telah banyak yang melakukan pemesanan dan menggunakan pupuk organic Toko Tani Organik gapoktan Butta Gowa, seperti Kab. Sinjai, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''