Sabtu, 19 Januari 2013

Pilgub Sul - Sel tak Cukup sepekan Lagi


Pemilihan Gubernur tinggal menghitung hari lagi, hari selasa 22 Januari 2013 adalah hari pemilihan Pemimpin Sulawesi – Selatan. Pemilihan Gubernur Sulawesi – selatan dan kepala daerah di Kabupaten Bone  dan Palopo akan di gelar serentak  pada tanggal 22 Januari 2013 tersebut. Itu artinya tak sampai sepekan lagi, pesta demokrasi tersebut digelar.
Dari dinamika politik yang sedang berlangsung, pilkada bukan saja menimbulkan pemimpin baru melainkan juga rawan terjadinya perpecahan umat. Tak bisa dipungkiri, kini telah terjadi pengelompokan dikalangan masyarakat berdasarkan calonnya jika sekedar pilihan, tentulah tak salah asalkan perbedaan pilihan dukungan itu tidak menggiring masyarakat untuk berpecah-pecah.
Keberagaman dukungan terhadap calon atau partai tertentu pada pemilihan pemimpin atau kepala daerah itu masih dalam tataran wajar yang dianut oleh negara demokratis bangsa Indonesia. Perbedaan ataupun keragaman pilihan dari masing-masing individu juga diharapkan tidak menimbulkan kesenjangan sosial atau menimbulkan perpecahan. Akan tetapi pada idealnya kita menjadikan perbedaan menjadi sebuah pelajaran dalam pematangan proses berdemokrasi ditengah-tengah masyarakat indonesia khususnya bagi masyarakat di Sulawesi -selatan.
Masyarakat sul-sel harus tetap rukun, meski rumahnya berbeda tapi jangan sampai saling memojokkan orang lain, yag perlu diutamakan adalah menjaga ketentraman daripada kepentingan sesaat.
Bagaimana kita menentukan calon pemimpin? Dimanapun kita berada, ketika kita dihadapkan untuk memilih pemimpin maka carilah pemimpin yang bisa amanah, memandang dan memperlakukan semua warga sama dan tanpa pandang bulu. Pilih pemimpin yang ahli atau amanah sebab jika tidak ahli, kita semua akan hancur atau binasa.
Pilih pemimpin yang mau mencegah dan memberantas kemungkaran seperi korupsi, nepotisme manipulasi dll.
Pilih pemimpin yang bisa mempersatukan umat bukan yang fanatik pada kelompoknya sendiri
Pilih pemimpin yang cerdas sehingga dia tidak bisa ditipu oleh anak buahnya atau kelompok lain
Pilih pemimpin yang cerdas yang mempunyai visi dan misi yang jelas
Golput atau tidak memilih pemimpin merupakan sikap yang kurang baik. Dalam agama, kepemimpinan itu penting sehingga nabi pernah bersabda, jika kalian bepergian pilihlah satu orang yang bisa jadi pemimpin. Jika hanya berdua maka salah satunya jadi pemimpin. Sholat wajib pun yang paling baik adalah yang ada pemimpinnya (Imam).
Terakhir  nilai-nilai luhur masyarakat sul-sel seperti sipakatau sipakainga’ nilai-nilai luhur ini mestinya menjadi pegangan kita bersama, walau berbeda pilihan jangan coba-coba mengorbankan kerukunan....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'' TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA''

''Tassilalo Ta'rapiki T'awwa, Sipakainga Lino Lattu Akhira''